Sunday, February 10, 2013

Menambahkan Gadget Blog

Alhamdulillah,kesempatan kali ini kita sama-sama belajar trik-tips dalam bergelut dengan Blog. Post ini akan membahas bagaimana cara menambahkan beberapa gadget/widget pada blog. Baiklah, langsung saja kita mulai… :)
Langkah pertama tentu saja kita harus login terlebih dahulu ke blogger menggunakan akun masing-masing.
Kemudian, pilih Judul Blog yang akan kita gunakan.


Setelah masuk ke halaman Dashboard, pilihlah menu Tata Letak.


Pada sisi kanan akan muncul susunan penempatan setiap elemen pada blog. Dari halaman ini, kita dapat mengatur ikon blog kita sendiri dan menambah serta mengatur penempatan gadget/widget yang kita pasang.
Kemudian, klik Tambah Gadget [Add Gadget], pilih gadget yang akan dipasang. Pada post ini, pilihlah <HTML>/Javascript untuk memasukkan gadget kita sendiri (bukan dari blogger).

Setelah muncul jendela baru, tentukan judul gadget (jika perlu). Judul gadget akan ikut tampil pada halaman tata letak dan halaman blog kita. Pada bagian text, tuliskan kode html/javascript yang sudah kita miliki. Kemudian klik tombol Simpan. Klik tombol Simpan Setelan pada halaman tata letak, kemudian klik tombol Pratinjau atau Lihat Blog – di bagian atas Dashboard – untuk melihat perubahannya.

Semakin kita familiar dengan dashboard maka Insya Allah akan lebih memudahkan dalam pengolahan blog pribadi kita. Tulisan yang lain seputar blog Insya Allah akan segera terbit. Kunjungan Anda Adalah Semangat Saya untuk Menulis. :) hehehehe

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More