Wednesday, June 19, 2013

Setting MIkrotik RouterOS VirtualBox





Assalamu'alaikum wa rahmatullah wa barokatuh.
Sobat blogger yang senantiasa berbahagia [yg lagi bahagia :) ], kesempatan kali ini setelah sekian lama tidak posting saya akan berbagi ilmu dan pengalaman [walaupun sedikit] setting Mikrotik RouterOS.

Berikut informasi yang perlu diketahui :

Kasus = setting Mikrotik RouterOs agar dapat digunakan oleh minimal 2 client [dalam kasus ini mikrotik Router dan client adalah virtual machine pada virtualbox]

Software yang digunakan : VirtualBox v.4.2.10; mikrotik routerOs v.5.24 (ISO); winXP (sudah dikustomisasi); winbox versi berapapun.

Bagi yang belum memiliki software tersebut download saja di link-link berikut :
VirtualBox disini atau disini
mikrotik routerOs disini atau disini
winXp cuztom disini

Baiklah, langsung saja. Pertama kita setting VM router sbb :




Untuk adapter 2 dan 3 settingannya sebagai berikut.
Jenis koneksi = internal; Promiscuous Mode = enable all. Adapter 1 kita gunakan untuk koneksi ke komputer host, sedangkan adapter 2 dan 3 kita gunakan untuk koneksi kepada client. Pada kenyataannya, model topologi ini seharusnya didukung dengan perangkat switch/hub untuk mendukung koneksi kepada client dengan jumlah banyak.

Atur kedua VM client menggunakan koneksi internal.


Selanjutnya, kita install terlebih dahulu mirotik routerOs-nya. Disini saya atur spesifikasi virtualmachine = 96 mb RAM, 512 mb HDD.

Instalasi mikrotik routerOs bisa di lihat disini.

Karena menggunakan virttualbox, jangan lupa remove media lewat Devices -> CD/DVD -> uncheck mikrotik sebelum menekan Enter untuk restart mikrotik routerOs.

Setelah proses instalasi, biarkan mikrotik tetap menyala. Selanjutnya nyalakan winxp dan buka winbox untuk setting mirotik dengan lebih mudah.

Cara setting mikrotik routerOs lewat winbox 

Sekiranya cara instalasi mikrotik routerOs dan setting lewat winbox diatas kurang mengena / membingungkan, Anda dapat mencari tutorialnya sendiri menurut selera.

Download versi jadi tinggal pelajari.

Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum wa rahmatullah wa barokatuh.












0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More