Friday, November 14, 2014

Membuka Wordpress di Komputer Lain

Sebelumnya untuk yang baru mendengar atau masih bingung apa sebenarnya web aplication, berikut penjelasan dari id.wikipedia.org

"Dalam rekayasa perangkat lunak, suatu aplikasi web (bahasa Inggris: web application atau sering disingkat webapp) adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti HTML, JavaScript, AJAX, Java, dll) dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi." - Wikipedia

Contoh kecil dari web app diantaranya wordpress, joomla, dan teman-temannya di jajaran Content Management System (CMS). Agak gimana memang, di blogger kok mbahasnya malah wordpress :D tapi tak apa. Selingan saja toh tidak ada larangannya kan. hehe.

to the point.

Kasus yang saya alami :
saya install wordpress di komputer dengan spek berikut :
computer name : ersys-pc
ipv4 : 192.168.1.146
gateway : ip modem
dns : -
host : localhost
url web app : localhost/wordpress

Ingin saya adalah, web app bisa diakses oleh user di komputer lain dalam jaringan. Saya coba, dengan mengetik http://192.168.1.146/wordpress di sisi client.
Berhasil.
Tapi tunggu, web app memang tampil namun tidak full (hanya teks saja). Saya pikir ini kaitannnya pasti dengan privileges pada database.
Tapi tidak, saya cek lagi di dashboard wordpress dan ketahuan-lah penyebabnya.
Di dashboard masuk ke menu Setting, pilih bagian General.

Ubah Wordpress Address dan Site address kurang lebih seperti berikut :
Pada intinya ubah locahost pada Wordpress Address dan Site address menjadi alamat IP komputer penyedia web app. Begitu juga jika ada gambar/media lain yang diupload ke wordpress, maka sumbernya harus alamat IP\lokasi gambar atau media. Jika masih localhost, maka komputer client tidak akan bisa membaca gambar/media tersebut karena memang di localhost client tidak ada apa-apa.

Selamat Mencoba !

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More